Apa Itu Deep Web Dan Cara Mengaksesnya

Kata deep web mungkin pernah Anda dengar sebelumnya, dikala orang mendengar kata ini biasanya mereka memikirkan wacana kejahatan, penjualan ilegal, peretas, isu diam-diam dan masih banyak lagi. Deep web memang mengandung banyak wacana hal-hal tersebut, tetapi masih banyak hal-hal lainnya yang disimpan di deep web.

Kata deep web mungkin pernah Anda dengar sebelumnya Apa Itu Deep Web dan Cara Mengaksesnya

Apa itu deep web

Deep web atau yang biasa disebut dengan hidden web merupakan bab internet yang tidak sanggup diindeks oleh search engine manapun, termasuk Google, dan tidak sanggup dibuka dengan gampang memakai browser biasa.

Deep web sanggup dilihat dan diakses oleh publik, tetapi IP address servernya disembunyikan. Semua orang sanggup mengakses deep web, tetapi sangat sulit untuk mengetahui siapa admin web tersebut.

Kebanyakan situs di deep web menyembunyikan identitasnya memakai Tor encryption tool. Tor biasa dipakai untuk menyembunyikan identitas dan memanipulasi lokasi yang sebenarnya. Makara kebanyakan web di deep web identitasnya sudah dienkripsi walaupun tidak semua deep web.

Seberapa besar deep web?

Kata deep web mungkin pernah Anda dengar sebelumnya Apa Itu Deep Web dan Cara Mengaksesnya

Web yang sering kita buka dengan browser biasa disebut surface web, termasuk Google, Facebook, Yahoo, dll. Sedangkan deep web merupakan web yang tidak sanggup dibuka dengan browser biasa. Deep web mempunyai ukuran yang sangat besar beberapa kali lipat dari surface web. Ada yang menyampaikan bahwa surface web hanya memenuhi 4% dari total internet. Perkiraan tersebut didasari dari sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, Berkeley pada tahun 2001, menyatakan bahwa deep web mempunyai ukuran sekitar 7.500 terabyte.

Bagaimana cara mengakses deep web?

Deep web tolong-menolong sangat gampang untuk diakses oleh publik. Yang harus dilakukan hanyalah menginstall Tor browser dan membuka suatu alamat deep web. Tutorial berikut mungkin sanggup membantu Anda:

1. Download terlebih dahulu Tor Browser di website resminya yaitu https://www.torproject.org/projects/torbrowser.html.en.

2. Install kemudian buka Tor Browser.

3. Ketik salah satu alamat deep web di address kafe Tor Browser, kemudian tekan Enter. List alamat deep web sanggup Anda lihat di web seperti http://thehiddenwiki.org/.
Kata deep web mungkin pernah Anda dengar sebelumnya Apa Itu Deep Web dan Cara Mengaksesnya

Nah kini kita sudah sanggup mengakses deep web. Gambar di atas ialah screenshot pada dikala komputer saya sedang mengakses hidden wiki yang ada di deep web.

Tips dalam mengakses deep web supaya aman

Deep web berisi banyak isu yang tidak ada di website biasa, di dalam deep web biasanya banyak peretas yang ingin memasukkan sebuah virus ke dalam komputer Anda. Untuk mencegah hal tersebut, berikut ialah tips supaya kondusif dalam mengakses deep web.

Jangan maximize window browser pada dikala mengakses deep web

Mengapa jangan memaximize window?, ini dikarenakan website yang sedang kita saluran biasanya menyimpan javascript yang memungkinkan mengetahui screen resolution kita. Apalagi di deep web, biasanya sangat banyak web yang menyimpan javascript tersebut, hanya dengan isu screen resolution kita sanggup tahu wacana berapa besar layar dan asumsi spesifikasi komputer tersebut.

Jangan download file

Seperti yang kita tahu, deep web menyimpan hal-hal yang tidak kita duga. Apalagi deep web ialah sarangnya para peretas berkumpul, sanggup saja mereka sudah memasukkan virus ke dalam file yang ingin kita download di deep web. Virus tersebut sanggup berupa spyware ataupun malware.

Jangan masukkan isu pribadi

Saat mengakses web yang memerlukan registrasi atau isu langsung di deep web apalagi dark web saya sarankan untuk tidak memasukkan isu pribadi. Informasi langsung tersebut menyerupai nama lengkap, alamat e-mail, alamat rumah, nomor hp, tanggal lahir, rek bank, dll. Sangat berbahaya kalau kita memasukkan isu tersebut, ditakutkan nantinya akan ada orang yang meneror atau lebih jelek lagi.

Gunakan VPN atau proxy

Saya anjurkan untuk memakai VPN atau proxy pada dikala mengakses deep web. Ini bertujuan supaya IP orisinil kita tidak terdeteksi oleh Tor Network ataupun deep web. Sebenarnya Tor network sendiri sudah mengamankan kita dari pendeteksian IP oleh deep web dengan memasang relay yang banyak, jadi tips yang kali ini opsional (boleh dilakukan, boleh tidak).

Selalu hati-hati

Tips yang terakhir ialah hati-hati dan waspada dikala kita browsing di deep web. Ini dikarenakan deep web mengandung hal-hal yang seringkali berdampak negatif menyerupai penjualan narkoba, pembunuhan, perdagangan senjata, pedofil, kanibal, ilmu sesat dll, jadi Anda harus hati-hati supaya jangan hingga terjerumus ke hal-hal yang negatif tersebut.

Sekian artikel wacana apa itu deep web, semoga artikel sederhana ini sanggup menambah wawasan Anda. Terimakasih.

0 Response to "Apa Itu Deep Web Dan Cara Mengaksesnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel