Perbedaan Sleep Dan Hibernate Pada Windows

Pada Windows umumnya kita disediakan 4 pilihan pada ketika ingin mematikan komputer yaitu sleep, hibernate, restart dan shut down. Kita sudah sering memakai shut down pada ketika komputer sudah simpulan digunakan, dan restart pada ketika komputer sudah terlalu lamban atau terlalu usang dipakai sehingga membutuhkan restart biar tidak terasa lambat lagi. Tetapi ada dua pilihan yang sangat jarang kita pilih pada ketika memakai komputer yaitu Sleep dan Hibernate.

 pilihan pada ketika ingin mematikan komputer yaitu sleep Perbedaan Sleep dan Hibernate Pada Windows

Pernahkah anda meninggalkan komputer ketika sedang menyala dalam waktu kurang lebih 1 jam dan tiba-tiba komputer menjadi mati sendiri, tetapi pada ketika kita nyalakan ternyata tugas-tugas yang kita kerjakan tadi tidak hilang, sebetulnya pada ketika itu komputer tidak mati melainkan hanya masuk ke mode sleep biar penggunaan daya lebih hemat. Sedangkan untuk hibernate sebetulnya prinsipnya hampir sama dengan sleep tetapi sedikit berbeda, mari kita simak perbedaannya di bawah ini.

Sleep

Mode sleep sebetulnya dibentuk untuk menghemat baterai pada ketika komputer sedang tidak dipakai oleh penggunanya. Mode sleep ini sangat membantu tetapi terkadang malah merepotkan, membantu alasannya yaitu sanggup menghemat penggunaan listrik dan menyimpan aplikasi yang tadinya sedang dibuka sehingga tidak tertutup pada ketika mode sleep, merepotkan apabila komputer sedang ditinggal secara sengaja alasannya yaitu sedang mendownload dan tiba-tiba masuk ke mode sleep secara otomatis download akan terpause dan percuma juga kita meninggalkan komputer tersebut.

 pilihan pada ketika ingin mematikan komputer yaitu sleep Perbedaan Sleep dan Hibernate Pada Windows

Cara kerja mode sleep yaitu menyimpan memory aplikasi yang sedang dibuka ke dalam RAM kemudian mematikan hampir semua komponen komputer kecuali RAM dan beberapa komponen lainnya ibarat lampu indikator sehingga mode ini sangat menghemat penggunaan listrik atau baterai. Pada ketika kita menyalakan komputer dari mode sleep, kita akan melihat aplikasi yang masih terbuka.

Hibernate

Mode Hibernate atau hibernasi sering kita dengar kalau sedang membicarakan binatang yang tidurnya sangat lama, hibernasi binatang pun ibarat dengan hibernasi pada komputer. Mode hibernate hampir sama ibarat mode sleep yaitu ketika kita menentukan mode hibernate maka data aplikasi yang sedang terbuka akan tersimpan.

 pilihan pada ketika ingin mematikan komputer yaitu sleep Perbedaan Sleep dan Hibernate Pada Windows

Tetapi perbedaannya sanggup kita lihat dari media penyimpanan yang dipakai oleh mode hibernate dan mode sleep. Jika mode sleep memakai RAM sebagai daerah penyimpanan data yang sedang dibuka, hibernate memakai harddisk sebagai daerah penyimpanan data yang sedang dibuka. Cara kerjanya yaitu Hibernate akan menuliskan semua memory yang ada di RAM ke harddisk, sehingga RAM akan kosong dan komputer dimatikan secara otomatis dengan cara di-shutdown.

Ada juga perbedaan lainnya yaitu mode hibernate lebih ekonomis listrik (bahkan tidak memakai listrik sama sekali) daripada mode sleep alasannya yaitu mode hibernate akan mematikan semua hardware layaknya shutdown tetapi tetap menyimpan data RAM di harddisk.

Sedikit gosip bagi anda, mode sleep sangat cocok kalau komputer tidak dipakai dalam jangka waktu yang bersahabat sekitar 1 hari dan 2 hari, sedangkan hibernate cocok kalau dipakai kalau komputer tidak dipakai dalam jangka waktu yang tidak mengecewakan jauh bahkan tidak terbatas sanggup sebulan, setahun, seabad. Tetapi proses penyalaan komputer akan lebih usang kalau memakai mode hibernate.

0 Response to "Perbedaan Sleep Dan Hibernate Pada Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel